Pasoepati adalah kelompok suporter sepakbola asal kota Solo (Surakarta) Indonesia yang berdiri pada tahun 2000. Sejak pendiriannya, Pasoepati memiliki pilot project yang berbeda setiap masanya. Diawali ketika Pasoepati merupakan kependekan dari Pasukan Suporter Pelita Sejati, karena mendukung klub Pelita Solo medio tahun 2000. Ketika Pelita Solo hengkang ke Cilegon dua tahun kemudian, Persijatim Solo FC yang bermarkas di Solo mau tidak mau menjadi klub yang didukung oleh Pasoepati. Dengan demikian Pasoepati merupakan kepanjangan Pasukan Suporter Solo Sejati.

Sekitar tiga tahun kemudian, Persijatim Solo FC hengkang ke Palembang yang kini menjadi Sriwijaya FC. Pasoepati kemudian bertekad untuk mendukung klub asli kota bengawan, Persis Solo (Klub Perserikatan). Berkat Pasoepati, Persis yang awalnya berkompetisi di level Divisi I akhirnya muncul ke Divisi Utama yang merupakan Liga kasta tertinggi saat itu. Namun, tanpa dukungan finansial yang memadai, Persis yang tampil dengan pemain lokal gagal bersinar dan terjerumus hingga level bawah Divisi II pada tahun 2010. Hingga datanglah klub swasta Solo FC yang berkompetisi di Liga baru, Liga Primer Indonesia. Pasoepati yang sempat terbagi dukungannya, tetap dapat kompak dalam mendukung setiap klub yang bermarkas di Stadion Manahan Solo.

Mulai musim 2011, Liga Profesional Indonesia kemungkinan diikuti oleh Persis Solo (Swasta) yang merupakan hasil merger antara Persis Solo (perserikatan) dan Solo FC (swasta). Dengan manajemen baru, anggaran dan finansial yang baik, serta semangat kepengurusan PSSI dan semangat Pasoepati yang semakin baik, maka, dalam rangka mendukung terciptanya kesuksesan Persis Solo dan eksistensi Pasoepati dalam mendukung persepakbolaan nasional, website ini dibuat di sela-sela kesibukan redaksi.

Pasoepati Indonesia adalah Tempat Ngobrolnya Pasoepati Seluruh Indonesia. Maksudnya adalah, Pasoepati sekarang sangat familier di kalangan insan sepakbola nasional pasca suksesnya mendukung pergerakan reformasi PSSI. Sehingga Pasoepati memiliki korwil-korwil di Seluruh Indonesia bahkan Dunia. Hal inilah yang membuat website ini dibangun supaya terjalin komunikasi antara Pasoepati yang tidak hanya berada di Pusat (Solo) melainkan di seluruh Indonesia.

Redaksi Pasoepati Indonesia adalah Pasoepati Korwil Jakarta (Jabodetabek). Sehingga, kantor redaksi berada di Jakarta. Namun, dalam penyajian berita dan artikel di website ini, redaksi mengambil rujukan dari berbagai situs berita (Timlo.net, Suara Merdeka dan artikel-artikel kiriman pembaca). Hal ini disebabkan pula oleh terbatasnya reporter dan fotografer yang beroperasi di setiap peristiwa Persis Solo baik pertandingan maupun kegiatan luar lapangan.

SALAM EDAN TAPI MAPAN…

2 responses »

  1. Santosa mengatakan:

    HEya Heya SOlooo….

  2. pas23 mengatakan:

    Beritanya diperbarui dunk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s