Hadirnya seorang pembaca berita di stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) yang cakap dan cerdas di tahun 1993-an menginspirasi sang ayah untuk memberi nama yang sama kepada putrinya yang kedua.

Lahir di Sragen, 24 Februari 1993, Lilis Maryati, begitulah ia diberi nama yang tentunya sarat akan doa, oleh kedua orang tuanya. Tanpa memandang dan mengerti akan arti nama yang disandangnya, gadis manis ini tumbuh remaja dan mulai menampakkan bakat yang serupa dengan Lilis Maryati, seorang pembaca berita TVRI tahun 90-an tersebut.

Tepatnya ketika mulai duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pondok Assalam, ia mulai menunjukkan bakatnya dari kegemarannya berbicara. Acara demi acara yang diselenggarakan di sekolah pun dibawakannya dengan apik. “Mulanya hanya di tingkat sekolah saja. Sampai saya bertemu dengan teman yang waktu itu aktif di kepanitiaan Kreatif Anak Sekolah Solo (Kreasso), saya diminta menjadi MC,” ujar siswa SMAN 2 Solo kelas XII IPS I ini. Dari sinilah, kiprahnya menjadi MC untuk jangkauan yang lebih luas dimulai. Untuk Kreasso 2011 pun, ia telah dikontrak untuk menjadi MC.

Bahkan ia tak hanya mahir membawakan acara dalam bahasa Indonesia saja, kelancaran menjadiMaster of Ceremony (MC) dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris pun tak ragu ia tampilkan di depan khalayak. Kemampuan ini ia dapatkan secara autodidak, dengan mengikuti pembelajaran di sekolah secara tekun dan penuh kegembiraan. “Segala sesuatu yang dikerjakan dengan senang pasti akan membuahkan hasil yang maksimal,” ungkapnya.

Pada perhelatan Piala AFF U-16, 20-26 September yang lalu, ia juga dipercaya untuk menjadi MC dengan berbahasa Inggris. Sebelumnya, Syawalan Balekambang yang digelar beberapa waktu lalu juga ikut melibatkan dirinya sebagai MC.

Gadis multilalent ini tak hanya aktif di berkegiatan sebagai pembawa acara. Aneka organisasi di sekolah sejak MTs pun ia geluti. Seperti menjadi ketua angkatan kelas IX yang bertanggung jawab atas sekitar 200-an siswa lainnya. Saat kelas X pun ia dapat meraih suara terbanyak kedua dalam pemilihan ketua OSIS. Hingga akhirnya ia menjadi ketua II.

Aktif dalam berbagai kegiatan dan kesibukan menerima berbagai macam tawaran MC tak lantas membuat ia lengah dalam hal akademis. Tercatat sejak SD hingga kini, ia selalu meraih 10 besar nilai terbaik bahkan 3 terbaik di kelasnya. Berbagai macam prestasi lain pun mampu ia torehkan, yakni juara III pidato bahasa Arab pada Expo Ma’had Abu Bakar Shiddiq tahun 2006, juara III pidato bahasa Arab pada Assalam Art and Science Fair tahun 2007, juara III Social Olympiade tingkat Karesidenan Surakarta SSO VII tahun 2007, dan masih banyak lagi.

Menurutnya, kecerdasan intelektual saja tidak dapat menjamin kesuksesan seseorang. Untuk itu, ia ingin memanfaatkan hidup ini sebaik-baiknya dengan menyeimbangkan kehidupan dari segala sisi. “Dalam hidup ini saya ingin mengembangkan diri saya baik bidang akademik, minat dan bakat, serta sosialisasi dengan orang lain. Menurut saya, memiliki teman merupakan hal yang sangat penting. Orang sepintar apapun jika tidak mau bersosialisasi juga tidak akan berkembang,” tandasnya yang ketika diwawancara seakan-akan tak bisa berhenti berbicara.

Untuk ke depannya, gadis yang akrab disapa Lilis atau Mami oleh teman-temannya ini ingin berkecimpung di dunia entertainment secara profesional.

Experiences :
Solo school of broadcasting @solo radio angkatan 9
MC event Kreasso 2010 & 2011
MC FCFJ buka bersama pahlawan lingkungan 040910
MC Bedah buku Jiwa yang lelah & apresiasi puisi @Ngarsopura
MC GPrS buka bersama anak yatim @Ngarsopura
Information center syawalan balekambang 2010
MC International AFF U-16 Manahan 20-26 sept 2010
MC pensi smadagaskar 1
MC Festival Jepang SMAN 5 Ska keizen no matsuri 8th
MC International gathering Aqsa living , Sunan hotel 21 okt 2010
MC kompetisi divisi utama Grup II
MC home match solo FC & Persis Solo
MC Final Liga Ti-phone 2010-2011
MC friendly match timnas Indonesia Senior vs timnas U-23
MC friendly match pra-Piala Dunia timnas Indonesia vs Palestine
etc

In Organizing section :
Ketua bagian Art and Skill Osis Mts Assalaam 2006/2007
Ketua Umum angkatan MDV Assalaam 2007/2008
Ketua II Osis SMAN 2 Ska 2008/2009
Ketua thater CitraMandiri SMAN 2 Ska 2008/2009
Bendahara MPK SMAN 2 Ska 2009/2010
Bendahara Pensi Smadagaskar 1
Sekretaris Yearbook Angkatan 2010/2011 Smada Ska
etc

rujukan : timlo.net

videokeman mp3 Next to You – Jordin Sparks Song Lyrics

5 responses »

  1. arichels mengatakan:

    mbak @lil_marya aku penggemarmu😀

  2. Lilis M mengatakan:

    hahaha nguakakkak😛

  3. ponco25 mengatakan:

    Terus berkarya diak….

  4. Silmii Mimi mengatakan:

    waaah ketua angkatanq kii, hahahaa,, salut dh ama kamu lis, keluar assalaam gak sia2.. jilbab masih kepake, ilmu bhasa arabnya berguna.. hahahaa,, top dh buat kamu.! hihihihiii.. =D semangkaaa….. \ ( ^o^ ) /

  5. ifan ramadan mengatakan:

    keren blog kk…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s